Kamis, 25 Juni 2015

Kenapa susu berwarna putih ?


Kenapa susu berwarna putih ?  
 


Kenapa susu berwarna putih? Inilah jawabannya, susu mengandung 5% laktosa, 3,7% lemak dan 3,5% protein. Kasein yang kaya kalsium merupakan protein paling banyak yang terdapat pada susu sapi. Dikutip dari Livescience, warna putih susu berasal dari panjang gelombang cahaya yang dipantulkan ke mata. Kasein dan lemak tertentu memantulkan beraneka ragam panjang gelombang yang menyebabkan susu terlihat berwarna putih.
Kembali ke pelajaran fisika, jika sebuah lingkaran dengan berbagai komposisi warna kita putar dengan kecepatan tertentu yang muncul hanyalah warna putih, warna-warna lain seperti merah, kuning dan biru tidak muncul. Mata kita seolah-olah tertipu oleh spektrum cahaya tadi. Pada susu protein kasein berfungsi membelokkan seluruh warna yang terkandung di dalam susu secara merata, sehingga secara kasat mata susu terlihat berwarna putih, itulah alasan mengapa susu berwarna putih.

Perlu kita ketahui juga bahwa lemak susu ternyata tidak membuat gemuk. Maka dari itu untuk kalian yang takut gemuk jangan khawatir minum susu, karena di dalam susu terkandung asam lemak tekonjugasi dan fosfolipid yang mampu mengontrol lemak dan perkembangan berat badan. Lemak susu juga mengandung asam lemak esensial, asam linoleat dan linolenat yang memiliki bermacam-macam fungsi dalam metabolisme dan mengontrol berbagai proses fisiologis dan biokimia pada manusia.
 Selain itu, susu pertama yang di hasikan oleh mahluk mamalia setelah melahirkan seperti kolostrum susu sapi memiliki kandungan gizi 4 kali lebih besar dari pada susu biasa. Fakta menunjukkan bahwa kolostrum sapi mengandung immune factor 40 kali lebih banyak dibanding kolostrum manusia.

Fakta paling menarik yaitu susu segar memiliki gizi sempurna sehingga memiliki banyak manfaat diantaranya:
§  Kandungan  yodium, seng dan leticin dapat meningkatkan kerja otak besar.
§  Kalsium susu dapat menambah kekuatan tulang dan mencegah patah tulang.
§  Kandungan tyrosine dalam susu dapat membuat seseorang  merasa gembira dan membuat tidur seseorang menjadi lebih nyenyak
§  Kandungan potasiumnya dapat menggerakan dinding pembuluh darah sehingga mampu menjaganya agar tetap stabil, sehingga kita akan terhindar dari penyakit darah tinggi serta penyakit jantung.
§  Kandungan magnesium dalam susu dapat membuat jantung dan sistem saraf tahan terhadap kelelahan.
§  Kandungan seng pada susu sapi dapat mempercepat penyembuhan luka.
§  Kandungan vitamin B2 di dalam susu sapi dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.
§  Susu dapat menetralkan racun dari bahan makanan yang diserap oleh tubuh.
§  Zat besi, tembaga dan vitamin A dalam susu dapat mempertahankan kulit agar tetap bersinar.

Untuk itu mari kita biasakan minum susu setiap hari untuk memenuhi nutrisi di dalam tubuh dan meningkatkan tingkat konsumsi susu di Indonesia. Dengan meminum susu kita sudah memilki andil yang besar terhadap peningkatan tingkat konsumsi susu di Indonesia, karena konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar