Jumat, 13 Februari 2015

Alat reproduksi ternak betina




Organ reproduksi ternak betina
 
1.        Sepasang ovarium
Yaitu bagian alat kelamin yang utama disebut juga induk telur. Ovarim pada sapi umumnya berbentuk oval besar, besarnya lebih kurang sebesar biji kacang tanah berdiameter 0,75 cm-5 cm dan berberat 11-18 gr. Pada umumnya ovarium kanan lebih besar dari ovarium kiri Karena fisiologi ovarium kanan lebih aktif dari yang kiri. Ovarium bersifat endokrin ( menghasilkan hormon ) dan sitogenik  ( menghasilkan cairan/ovum )

2.        Saluran reproduksi :

a.    Tuba fallopii ( oviduct )
Yaitu saluran kecil berbentuk tabung yang berkelok-kelok membentang dari depan ovarium berlanjut ke tanduk uterus, terdapat sepasang yaitu di kiri dan kanan.
Fungsi oviduk yaitu :
     Menerima sel telur yang di ovulasikan oleh ovarium.
     Sebagai transportasi spermatozoa dari uterus menuju tempat pembuahan.
     Tempat pertemuan antara ovum dan spermatozoa
     Tempat terjadinya kapasitasi spermatozoa
     Memproduksi cairan sebagai media pembuahan dan kapasitasi spermatozoa
     Transport yang telah di buahi ( zigot ) menuju uterus.

b.    Uterus ( rahim )
Yaitu struktur saluran muskuler yang diperlukan untuk menerima ovum yang telah dibuahi dan perkembangan zigot. Uterus pada umumnya terdiri atas badan uterus atau corpus uteri, tanduk uterus (cornu uteri) yang pada umumnya berbentuk lancip .

Ada macam-macam uterus yang kita kenal yaitu :

     Uterus duplex yaitu uterus yang serviksnya ada 2 buah, corpus tidak ada dan cornunya terpisah satu dengan lainnya. Bentuk uterus ini terdapat pada tikus, mencit, kelinci dan marmut.
     Uterus bikornua yaitu uterus yang serviksnya ada 1 buah, corpus sangat pendek
contoh: uterus babi.
     Uterus  bipartitus yaitu uterus yang cerviksnya satu dan corpus  uteri cukup jelas & panjang. Contoh : sapi, domba, kucing dan anjing
      Uterus simplex yaitu uterus yang tidak mempunyai kornu uteri, corpus uterinya besar dan mempunyai satu cerviks. Contoh : primate

Fungsi uterus antara lain adalah

§  Pada saat estrus kelenjar endometrium menghasilkan cairan uterus yang diperlukan oleh spermatozoa untuk mendewasakan dirinya (kapasitasi) sehingga semakin tinggi kemampuannya untuk membuahi ovum
§  Pada saat kopulasi uterus akan berkontraksi sehingga mampu mengangkut spermatozoa dari uterus ke tuba fallopii.
§  Pada waktu metestrus dan awal diestrus kelenjar-kelenjar endometrium mulai berkembang dan tumbuh memanjang dan menghasilkan cairan uterus  yang merupakan substrat yang cocok untuk pertumbuhan embrio muda.
§  Pada saat diestrus atau pada ternak yang tidak bunting maka telur yang tidak dibuahi oleh sperma, didalam uterus akan diresorbsi oleh endometrium.
§  Pada saat kebuntingan uterus membesar secara berlahan-lahan sesuai dengan pertumbuhan embrio.
§  Pada saat kelahiran uterus akan melakukan kontraksi sedemikian kuat sehingga dapat mengangkut fetus yang sedemikian beratnya untuk melampaui simfisis pelvis dan keluar dari badan
§  Pada saat selesai partus /melahirkan  uterus akan mengalami pengecilan kembali  atau involusi.


c.    Cerviks ( leher rahim )
Merupakan spincter otot polos yang kuat dan tertutup rapat, kecuali pada saat estrus atau pada saat menjelang kelahiran. Cerviks terletak di antara uterus dan vagina, dan merupakan pintu masuk kedalam uterus karena dapat terbuka atau tertutup  yang sesuai dengan siklus berahi. Pada saat berahi serviks agak relaks sehingga memungkinkan spermatozoa dapat masuk dalam uterus.
Pada saat kebuntingan maka sel-sel goblet yang terdapat pada cerviks akan memproduksi mucus dalam jumlah yang besar sehingga dapat mencegah masuknya zat-zat yang membawa infeksi dari vagina kedalam uterus. Lumen serviks terbentuk dari beberapa gelang-gelang penonjolan dari mucosa cerviks  yang dapat mengecil dengan kuat sekali.

d.        Vagina  
Vagina berperan sebagai selaput yang menerima penis dari hewan jantan pada saat kopulasi. Vagina terdiri dari 2 bagian yaitu :
     Vestibulum yaitu letaknya dekat dengan vulva serta merupakan saluran reproduksi dan saluran keluarnya urin
     Cervix yaitu letaknya dari batas antara keduanya hingga cervix
Fungsi vagina antara lain adalah :
     Sebagai alat kopulasi dan tempat sperma dideposisikan
     Sebagai saluran keluarnya sekresi servix, uterus, oviduct
     Sebagai jalan peranakan saat proses beranak

1 komentar:

  1. apa perbedaan organ reproduksi betina unggas dengan betina ruminansia?
    tolong dijelaskan.

    BalasHapus